Jakarta, 27 Maret 2023 – Nama Zaskia Adya Mecca sudah tak asing di telinga kita. Artis multitalenta ini ternyata juga seorang pebisnis yang piawai. Melihat potensi bisnis busana muslim yang besar, Zaskia bersama sang adik, Haykal Kamil lalu mendirikan brand fashion ZM Zaskia Mecca yang menyasar para Muslimah yang mencari busana muslim modern. Brand fashion milik istri sutradara Hanung Bramantyo ini menawarkan variasi motif yang beragam, sehingga menjadikannya sebagai salah satu brand busana muslim yang laris dengan jumlah pesanan mencapai ratusan ribu tiap bulannya.
Namun kesuksesan ZM Zaskia Mecca bukan tanpa hambatan. Perjalanannya dalam merintis bisnis juga sempat mengalami pasang surut. Apalagi saat pandemi melanda dan menghantam berbagai sektor ekonomi. “Saat awal pandemi, kami melihat banyak toko yang tutup. Dengan diberlakukannya pembatasan mobilitas masyarakat, tidak ada orang yang datang ke toko offline. Bisnis kami juga sempat terdampak, apalagi kami saat itu fokus pada toko offline dan juga menjadi pemasok sejumlah toko,” kisahnya.
Walau terdampak pandemi, Zaskia menuturkan jika di masa itulah bisnis yang dirintisnya sejak 10 tahun lalu itu justru semakin berkembang. “Untuk bisa bertahan, kami mencoba mempelajari tren berbelanja masyarakat saat itu. Kami lalu memutuskan untuk bertransformasi dengan berjualan dari offline menjadi online. Selain itu, kami juga melatih karyawan kami untuk belajar tentang marketplace agar bisa mengikuti tren belanja masyarakat di masa pandemi,” cerita ibu lima anak ini.
Berkat transformasi bisnis yang dilakukan oleh Zaskia dan Haykal, bisnis busana muslim miliknya bisa bertahan melalui masa pandemi dan bisa semakin tumbuh berkembang. “Awalnya memang belum terlalu besar, namun karena adanya toko online membuat orang yang membutuhkan baju muslim bisa mudah untuk melakukan pemesanan tanpa harus datang ke toko. Sejak itulah toko online kami semakin berkembang,” ujar Zaskia.
Namun perkembangan bisnis online keduanya bukan tanpa tantangan. Zaskia menyadari bahwa untuk menangani ratusan ribu pesanan setiap bulannya dibutuhkan gudang yang besar dan juga keahlian dalam menjalankan operasional logistik. “Mengelola logistik menjadi tantangan bagi penjual online seperti kami. Apalagi belanja online telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Ada ratusan bahkan ribuan pesanan setiap harinya yang harus kami kelola agar bisa terkirim dan sampai ke tangan pelanggan,” ungkapnya.
Zaskia dan Haykal lalu mempercayakan pengelolaan logistik ZM Zaskia Mecca kepada Lazada Logistics. “Lazada Logistics menawarkan layanan logistik menyeluruh melalui Multi-Channel Logistics (MCL) yang mempermudah operasional ZM Zaskia Mecca, sehingga kami dapat fokus pada penjualan dan pemasaran, serta dapat berinovasi mengembangkan produk dan brand ZM Zaskia Mecca. Melalui layanan ini kami bisa selangkah lebih maju dalam mengembangkan bisnis kami.”
Layanan MCL merupakan solusi logistik yang menyederhanakan dan merampingkan seluruh proses, di mana Lazada Logistics mengatur pemenuhan pesanan mulai dari pengambilan produk hingga pengiriman, sehingga penjual bisa memberikan pengalaman belanja yang mudah, cepat dan nyaman kepada pelanggan mereka. Penjual pun bisa fokus memikirkan strategi bisnis yang bisa terus menumbuhkan bisnis mereka. Pengalaman Zaskia ini merupakan salah satu dari sekian banyak cerita penjual online yang merasakan dampak dari transformasi digital. Perubahan dari offline ke online mendorong mereka untuk dapat beradaptasi dengan tren saat ini. Apalagi untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang nyaman bagi pelanggan, penjual terkadang dihadapi dengan pengelolaan operasional yang kompleks, pesanan yang menumpuk, hingga ruang yang terbatas untuk penyimpanan dan pengepakan barang.
Kampanye #SatuLangkahLebih dengan layanan Multi-Chanel Logistics dari Lazada Logistics
Dengan mengusung tagline #SatuLangkahLebih, Lazada Logistics ingin mendorong penjual dan brand di Indonesia untuk selangkah lebih maju dan menikmati kemudahan, kesederhanaan, dan integrasi penuh dengan layanan MCL. “Kami memahami bahwa penjual dan brand memiliki banyak tugas, khususnya untuk bisa melayani pelanggan dengan baik dan untuk menumbuhkan bisnisnya secara berkelanjutan. Karena itulah, kami siap membantu mengelola operasional logistik mereka melalui infrastruktur dan jaringan logistik kami yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia,” kata Philippe Auberger, Chief Logistic Officer Lazada Indonesia. Lazada Logistics berkomitmen untuk memberikan solusi logistik terbaik dan akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.
Bagi penjual dan brand yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai layanan logistik di Lazada Logistics, silakan kunjungi https://www.youtube.com/watch?v=yYetkTSOvtI